Bukit Sentono Gentong Pacitan, Destinasi Wisata Alam yang Menyegarkan

 

Sentono Gentong Pacitan. Foto: pringkuku.pacitankab.go.id

Kabupaten Pacitan kaya akan tempat wisata alam yang menarik untuk dikunjungi dan dijelajahi. Salah satunya yaitu bukit yang terletak di Desa Dadapan, Kecamatan Pringkuku. Bukit ini menawarkan keindahan panorama alam yang luar biasa. Namanya Bukit Sentono Gentong .Dari atas bukit ini keindahan Kota Pacitan serta Pantai Teleng Ria terlihat jelas.

Pesona wisata di Kabupaten Pacitan seakan tak pernah habis.Mulai dari Pantai dan goa yang yang terkenal lebih dulu kini tempat wisata alam lainnya terus akan di kembangkan baik dari pemerintah maupun penggiat wisata lokal.salah satunya yaitu wisata Sentono Gentong.

Sentono Gentong menawarkan pesona alam luar biasa, dari atas bukit, semilir angin sejuk dengan nuansa hijau daun pohon di sekitarnya membuat anda semakin betah berlama-lama menikmati panorama keindahan Kabupaten Pacitan dari atas bukit.Bagi Anda yang ingin melihat sunrise atau matahari terbit di Pacitan spot inilah yang sangat cocok dan pas.

Beberapa Fasilitas di Sentono Gentong antara lain yaitu gazebo. Anda bisa menikmati pemandangan laut serta kota pacitan sembari duduk duduk di gazebo yang sudah tersedia dilokasi.Bagi Anda yang hendak berkunjung ke tempat ini hal yang perlu di perhatikan yaitu keselamatan, mengingat bukit ini berada di atas tebing yang curam.

Cerita singkat tentang sejarah Sentono Gentong Pacitan 

Sentono Gentong, diyakini masyarakat sekitar serta budayawan Pacitan sebagai tempat sakral yang memiliki sejarah terhadap pelestarian tanah Jawa. Konon, pada abad ke 18 di puncak Gunung Karang ini, dijadikan tempat peletakan tumbal untuk menjaga keseimbangan alam di tanah Jawa. “Hingga saat ini gentong atau tempat air serta potongan tulang masih terjaga dengan baik.

Rute Sentono Gentong Pacitan

Rute perjalanan menuju obyek wisata Sentono Gentong cukuplah mudah Jika Anda dari arah Kota Pacitan melewati Jalur bus Pacitan Solo tepatnya sebelum Pertigaan desa Dadapan terdapat rambu-rambu menuju lokasi Sentono genhtong tepatnya di gang jalan sebelah kanan.dan sebaliknya jika Anda dari arah barat silahkan ikuti jalan raya Solo Pacitan tepatnya setelah pertigaan kantor desa dadapan kurang lebih 30 M kiri jalan atau lihat rambu-rambu yang ada.

Hati-hati saat memasuki jalan menuju sentono Gentong karena jalan cukup sempit hanya pas dilalui roda 4 dari 1 jalur saja, atau jika Anda menggunakan kendaraan besar sepertihalnya Bus Anda bisa memarkirkan di tepi jalan kemudian mengguanakan jasa Angkot yang sudah ada di pinggir-pinggir jalan.

Tiket untuk masuk ke area Sentono Gentong yaitu sebesar 10 ribu.Jika ramai Kendaraan roda 4 dan roda 2 tidak bisa sampai kelokasi , Anda harus jalan kurang lebih 100 M dari tempat parkir.

Bagaimana Anda ingin berlibur di kota Pacitan?.Siapakan segala kebutuhan Akomodasi Anda seperti halnya penginapan, tempat makan dll. Jika Anda tidak ingin memikirkan itu semua Anda bisa menggunakan jasa paket tour wisata Pacitan salah satunya yaitu Mujiati Tour Pacitan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

wa